Tips Atasi Masalah Pada Proses Capping

Mengatasi Masalah Pada Proses Capping

Mesin capping biasa digunakan untuk memasang tutup botol agar lebih cepat dan lebih rapat dalam mengemas, mengurangi resiko terjadi kebocoran, namun penggunaan mesin ini terkadang orang mengalami masalah dalam proses capping pemasangannya dan rentan sekali mengalami miss saat pemasangan tutup memang sebuah mesin tak selalu sempurna yang di bayangkan pasti selalu saja ada kekurangan atau problem dalam penggunaannya, kesalahan yang terjadi pada mesin capping biasanya terjadi miss pada pemasangan tutup botol, itu terjadi di sebabkan beberapa hal berikut pembahasannya:

Mesin Capping

Dampak Kesalahan Pemasangan Tutup Botol
Pada dunia industri makanan, minuman, kosmetik dan beberapa yang lain hal seperti ini bisa menyebabkan kerugian. Kerugian tersebut bisa dari rusaknya kemasan (Akibat daya tekan yang meleset), tumpahan produk, hingga kecelakaan kerja. jadi kesalahan tersebut sebaiknya harus dapat ditangani dan dihindari sedini mungkin, agar proses pengerjaan mengemas jadi lebih baik dan aman serta hasilnya pun sempurna.

Cara Mengatasi Kesalahan Pada Proses Capping
 Cobalah Periksa History atau Log Book
Terjadinya kesalahan pada saat proses pemasangan tutup botol pada kemasan produk bisa terjadi kapan saja. Namun pada umumnya rate terjadinya kesalahan yang satu ini hanya sedikit sekali yakni dibawah 1 persen saja untuk mesin buatan kami. Namun jika ternyata Anda menemukan jumlah kesalahan yang terjadi sudah diluar batas toleransi yang berlaku. Maka Anda perlu melakukan pengecekan awal pada mesin yang Ada. Lakukanlah pengecekan pada :

History Penggantian Material atau jenis kemasan
Terkadang kita lupa bahwa settingan mesin yang diberikan adalah untuk kemasan yang terdahulu padahal yang kita hadapi sekarang adalah kemasan dengan yang baru. Walau secara sepintas tidak ada perbedaan menyolok, perbedaan hanya beberapa milimeter pada kemasan tentunya akan mengakibatkan mesin capping mengalami miss.

History Maintenance
Suatu mesin sudah pasti memerlukan yang namanya proses perawatan ataupun maintenance. Kita tahu ada dua jenis maintenance yang dapat kita temukan dilapangan yakni corrective maintenance dan preventive maintenance. Untuk yang kita bicarakan ini adalah coba lihat log book atau history sheet dari mesin, kapan terakhir kali dilakukan maintenance dan dari sanalah kesalahan bisa dirunut.

Cek History Operator
Kesalahan bisa juga terjadi karena operator yang kurang terlatih ataupun operator yang masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu hendaklah kepala bagian mesin atau perawatan dapat melakukan pengecekan untuk hal ini juga. Karena bagaimanapun kesalahan seperti ini adalah yang paling mungkin jika kedua history diatas tidak ditemukan adanya kesalahan pada capping machine.

Restore to Default
Jika pengecekan awal sudah dilakukan dan ternyata tidak ditemukan suatu keanehan. Maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan penyetingan ke posisi default. Tengok manual book yang diberikan dan coba atur ulang posisi mesin hingga menemukan kondisi default mesin tersebut atau kondisi penyetelah yang dianjurkan oleh manufactur. Lakukan setelan ulang pada heads, belt conveyor, roda spindle. Cek Juga gear box, oh iya yang harus dilihat secara utama adalah di belt yang ada pada putaran heads. Pastikan belt masih dalam kondisi layak.

Panggil Saja Ahlinya
Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan awal, ditambah dengan adanya penyetelan ulang dan juga adanya penggantian beberapa sparepart yang Anda rasa mempengaruhi ternjadinya bottle miss. Maka Pilihan Ini adalah yang terbaik.

Demikian pembahasannya cara mengatasi masalah yang terjadi pada proses capping saat mesin capping di operasikan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s