Mesin Vacuum Sealer Manual atau Otomatis ?

Mesin manual v otomatis

Vacuum sealer murah– Mesin kemasan plastik, vacuum sealer merupakan salah satu mesin yang cukup laku dipasaran, paling banyak peminat mesin manual atau otomatis ya? Nah ini susah keli untuk dijawab. Pada dasarnya pemilihan mesin manual atau otomatis tergantung dengan tujuan pemakainnya dan budget pemiliknya sendiri. Lalu jika kita bandingkan keduanya apa saja keuntungan dan kelebihan dari kedua metode kerja mesin tersebut ? Oke kali ini kita akan bahas tentang kelebihan serta kekurangan dari mesin manual dan mesin otomatis.

mesin-kemasan-design

Keuntungan mesin vacuum sealer manual

– Dibandrol dengan harga yang murah, karena mesin manual belum disematkan fitur-fitur tambahan maka dari itu diberi harga lebih murah dibandingkan mesin otomatis yang sudah memiliki banyak sekali fitur.

– Memakan sedikit daya listrik, semakin sedikit fitur yang ada di dalam sebuah mesin maka semakin sedikit juga pemakaiannya listriknya jadi untuk penjual minuman ringan dalam skala kecil seperti usaha rumahan mesin ini sangat cocok untuk membantu pekerjaan pengemasan makanan.

– Mudah diletakan di mana saja, mesin vacuum sealer manual biasanya memiliki bobo dan dimensi lebih kecil sehingga pemakaiannya dapat dilakukan di mana saja dan untuk keperluan usaha menengah serta rumahan.

– Pengoperasiannya mudah, karena metodenya masih manual maka tidak perlu banyak pengaturan saat pengoperasian mesin vacuum manual sehingga akan lebih mudah mengoperasikannya. Bahkan untuk siapa pun bisa menggunakan mesin manual ini.

Kekurangan mesin vacuum sealer manual

– Waktu kerja pengemasan lama, bila Anda setiap harinya harus banyak mengemas produk lebih dari 100 maka kurang tepat jika memilih jenis vacuum sealer ini. Apalagi jika operator mesinnya hanya satu orang. Pasti akan memerlukan waktu yang cukup lama.

– Memerlukan banyak SDM, jika penggunaan mesin ini untuk keperluan usaha maka akan memerlukan banyak tenaga manusia untuk mempercepat pekerjaan. Selain untuk mengoperasikan mesin, Anda juga yang bertugas sebagai pengecek hasil penyegelan.

Keuntungan mesin vacuum sealer otomatis

– Mempercepat proses pengemasan, dengan adanya fitur yang dapat menjalankan mesin secara otomatis jelas sekali akan mempercepat pengemasan.

– Dapat mengemas lebih dari 1 plastik, karena ukuran mesin yang lebih besar maka mesin vacuum otomatis dapat mengemas lebih dari 1 kemasan. Sehingga target produksi perharinya dapat selesai tepat waktu.

– Penyegelan lebih akurat, untuk akurasi perekatan plastic, mesin otomatis tentu lebih unggul karena sudah dilengkapi sensor guna mendeteksi ujung plastik yang akan direkatkan.

– Hanya memerlukan 1 operator, mesin ini hanya memerlukan tenaga satu orang untuk mengoperasikannya sekaligus mengecek hasil penyegelan.

Kekurangan mesin vacuum sealer otomatis

– Harga lebih mahal, mesin dengan system kerja yang sudah otomatis pada umumnya dibandrol cukup mahal, kurang lebih 10-20 juta rupiah bahkan bisa lebih.

-SUC-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s