Mesin Coding: Mesin Cetak Tangal Kadaluarsa

Mesin Coding: Mesin Cetak Tanggal Kadaluarsa

Kita pasti sering melihat tulisan kode dan tanggal di kemasan minuman atau makanan, taukah kalian itu dibuat oleh bantuan mesin coding? Apakah mesin coding itu ? oke kali ini kita akan bahas salah satu mesin kemasan yaitu mesin coding. Mesin yang disebut juga mesin cetak kadaluarsa tersebut merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak kode dan tanggal yang akan seacara otomatis memberikan tanggal kadaluarsa sesuai dengan penyetelan. Alat ini menggunakan pita warna dan panas untuk mencetak maximum 3 baris yang berisi 12 karakter bisa berbentuk angka atau simbol. Wadah yang digunakan untuk mencetak bisa berupa kertas, kantong plastik, dan media lainnya.

hp-280-semi-automatic-coding-machine-500x500_0

Masa kadaluarsa pada produk merupakan salah satu prosedur yang harus diperhatikan dan wajib dicantumkan pemilik produk pada kemasan produknya. Dengan mesin coding dapat mepermudah Anda mencantumkan tanggal kadaluarsa. Cara pengoperasiannya dilakukan dengan mudah dan dapat dengan cepat dipelajari oleh operator mesin, sehingga akan meningkatkan efesiensi kerja kita. Mesin coding ini banyak digunakan oleh industri pemasaran, baik kecil mampun besar.

Informasi kadaluarsa sebuah produk pasti sangat penting karena sebelum membeli produk konsumen terlebih dahulu melihat tanggal kadaluarasanya. Apalagi bagi konsumen yang tujuannya ingin menjual kembali produk-produk tersebut atau yang disebut dengan agen. Setiap agen akan memperhatikan tanggal kadaluarsanya karena tidak mau barang yang tersisa tidak bisa di jual lagi sebab sudah kadaluarsa.

Produk yang sudah melewati masa kadaluarsa bisa saja membahayakan konsumen. Maka dari itu jaminan mutu menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh pengindustri makanan dan minuman. Selain produknya tidak boleh mengecewakan, informasi tanggal kadaluarsa pun juga menjadi jaminan mutu sebuah produk. Bila konsumen mengkonsumsi produk yang lewat dari tanggal kadaluarsa dan mengalami keracunan hal itu tentu saja akan menambah citra buruk bagi usaha Anda.

Tanggal kadaluarsa sebuah produk dapat ditentukan dari kondisi tempat penyimpanannya. Oleh karena itu, selain tanggal kadaluarsa perhatikan juga syarat penyimpanan produk tersebut. Misalnya jika kita membeli daging olah, seperti sosis atau bakso daging sapi yang seharusnya setelah dibuka disimpan di dalam kulkas dengan suhu yang sesuai, namun kita meletaknnya di dalam lemari biasa maka itu akan mempercepat pembusukan. Sehingga sosis yang Anda beli itu tidak bisa dikonsumsi kembali.

Dari beberapa penjelasan di atas Anda kini tau apa itu mesin coding, seberapa pentingnya, dan  bagaimana cara pengoperasiannya bukan? Nah, untuk itu bagi para pengindustri makanan atau yang baru terjun ke bidang usaha tersebut perlu memiliki mesin ini. Mesin coding ini dapat membantu pekerjaan Anda untuk menentukan batas kelayakan produk secara otomatis tanpa harus melakukan riset terlebih dahulu.

-Suc-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s